Wednesday 22 October 2014

Generasi muda dan bonus demografi

PERAN GENERASI MUDA

MENYONGSONG BONUS DEMOGRAFI

Oleh: Dr. Bovie Kawulusan., M.Si



ABSTRAK



Menurut UU No. 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan  dan Pembangunan Keluarga, sesuai pasal 56, tugas utama BKKBN adalah melaksanakan pengendalian penduduk dan melaksanakan keluarga berencana. Persoalan penduduk sangat penting untuk dikaji karena akibat dari perkembagan penduduk akan mempengaruhi perbaikan hidup manusia dimasa depan. Perbaikan hidup manusia masa depan tersebut untuk Provinsi Lampung sudah terlihat dari perkembangan penduduk pada tahun 2010 yang lalu yang mengarah kepada bonus demografi.

Tujuan penyusunan materi ini adalah untuk memberikan gambaran tentang apa peran generasi muda yang harus dilakukan dalam menghadapi bonus demografi, dan manfaat  tulisan ini adalah agar generasi mampu memahami dan berpartisipasi serta berperan aktif serta keterlibatan langsung dalam mensukseskan dampak dari bonus demografi dengan nyata yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Lampung.

Pendekatan yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam menyongsong bonus demografi antara lain: Memahami tentang kebijakan pemerintah terkait dengan pengendalian kuantitas penduduk dalam pengendalian pertumbuhan penduduk sampai kepada zero grouth, Peduli terhadap pembangunan kependudukan, Mensosialisasikan  kepada semua lapisan masyarakat tentang pentingnya kualitas SDM, Melakukan kegiatan yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal, Pentingnya ekonomi pendidikan dan ekonomi kesehatan, Integritas dan komitmen generasi muda terhadap pembangunan khususnya pembangunan kependudukan, Mampu memberikan motivasi kepada pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan terutama bagi usia produktif, Mampu menciptakan dan menyiapkan lapangan pekerjaan baik bagi diri sendiri maupun orang lain, Bekerja profesional dengan kinerja tinggi.

Terlaksananya pendekatan tersebut, maka sangat perlu membentuk apa yang disebut CoE (Centre of Excellence) di  kampus-kampus. CoE merupakan suatu bentuk kepedulian sebagai pusat kegiatan terbaik yang dilakukan oleh para mahasiswa dan difasilitasi oleh perguruan tinggi dalam bentuk tanggung jawab mahasiswa sebagai generasi muda menghadapi bonus demografi yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, khususnya masyarakat di Provinsi Lampung. Hal ini penting karena program jangka panjang dalam mensejahterakan masyarakat harus bersifat sustainability, dan tentunya perlu pendampingan dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, swasta serta stakeholder baik internal maupun eksternal.





Key words: Generasi muda, bonus demografi

No comments:

Post a Comment